Home Berita 33 Grup Nasyid Terbaik, Berlomba di FNY 2015

33 Grup Nasyid Terbaik, Berlomba di FNY 2015

by Muchlis Fatih

Festival Nasyid Yogyakarta (FNY) merupakan ajang kompetisi nasyid di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pariwisata (Dinpar) Provinsi DIY dan Asosiasi Nasyid Nusantara (ANN) Wilayah Yogyakarta serta KM Al Huda FBS UNY. FNY pertama kali digelar pada tanggal 10-11 september 2012 di Societet Taman Budaya Yogyakarta. FNY kedua digelar pada tanggal 29-30 Juni 2013 di FBS UNY. Di tahun 2015 ini, FNY digelar pada 23-24 Mei di Gedung Basiyo XT Square Yogyakarta. Festival Nasyid Yogyakarta ini dimaksudkan untuk memotivasi peningkatan kualitas dan kuantitas grup-grup nasyid di Yogyakarta.

Dari sekian banyak peserta FNY tahun ini, sedikitnya 21 grup nasyid acapella dan 13 grup nasyid musik lolos menuju babak semi final. Para peserta tidak hanya datang dari wilayah Yogyakarta, namun juga dari daerah di luar Yogyakarta, seperti Al Kahfi (Pati), Avicena (Surabaya), dan CMV (Bogor). Festival nasyid tahun ini dimeriahkan oleh grup-grup nasyid ternama Indonesia, seperti Fatih, Sintesa, Riham, Duo Kahfi, Awallun, dan Al-Ghifari. Festival Nasyid Yogyakarta dilaksanakan sejak pukul 08.00-17.00 diawali oleh penampilan budaya dari Dinpar hingga penampilan Fatih bersama semua peserta yang akan membawakan lagu ‘Nasyid Memang Asyik’ dalam penutupan di hari terakhir. Dan yang paling spesial adalah, FNY 2015 kedatangan bintang nasyid Indonesia yaitu Kang Teddy dari grup nasyid legendaris SNADA. Di tengah kesibukan pentas yang begitu padat, beliau menyempatkan datang di acara tersebut untuk sharing dan berbagi motivasi kepada grup-grup nasyid baru.

FNY berlangsung meriah, para peserta begitu antusias mengikuti babak semi final pada hari pertama. Antusiasme para peserta nasyid begitu nampak dari pakaian seragam yang kebanyakan dikenakan oleh tiap tim dan keseriusan persiapan di belakang panggung sebelum tampil di depan panggung. Para pendukung dari tiap tim juga tidak kalah antusias ketika memberikan semangat pada tim nasyid kesayangannya.

Di hari pertama, tahap semi final berlangsung sepanjang hari dengan penampilan-penampilan terbaik dari para tim nasyid. Tim-tim acapella dengan ciri khas beatbox dan tim-tim nasyid musik dengan irama alat musik dan suara vokalisnya berlomba-lomba menarik perhatian para penonton dan para dewan juri. Neo Expectation (Bantul), tim nasyid kategori acapella berhasil menghibur para penonton di Gedung Basiyo, XT Square Yogyakrta.

Tidak kalah menarik dari Neo Expectation, Wishband (Yogyakarta) berhasil menyihir tiap orang yang hadir menyaksikannya. Grup band yang beranggotakan anak-anak SD ini sungguh menarik perhatian. Para pemain alat musik yang tergolong sangat mahir di usianya, menghasilkan kolaborasi yang baik dengan vokalisnya, Dede yang bersuara merdu. Dede merupakan aktor utama dalam penampilan Wishband hari itu. Power suaranya yang kuat dan kelincahannya menguasai panggung merupakan kunci utama dari penampilan sempurna Wishband.

Wish band

Saat Dede (vokalis) Wishband sedang beraksi di atas panggung

Tahap semi final meloloskan sedikitnya 6 tim untuk maju ke tahap final. Neo Expectation dan Wishband berhasil masuk ke dalam babak 6 besar untuk memperebutkan nominasi tim nasyid di tiap kategorinya masing-masing. Persaingan di tahap final begitu sengit, dan penampilan para tim nasyid berhasil memukau para juri. Hentakan irama beatbox berpadu dengan suara merdu para vokalisnya ditampilkan oleh tim-tim nasyid kategori acapella. Sementara harmonisasi antara olah vokal dan alunan alat musik disajikan oleh penampilan tim-tim nasyid kategori musik. Setelah melalui penilaian yang ketat, juri memutuskan Fasdacapella sebagai juara 1 kategori nasyid acapella dan Gemawangkustik untuk juara 1 kategori nasyid musik. Kedua tim tersebut beranggotakan mahasiswa jurusan pendidikan seni musik FBS UNY.

Baca juga

1 comment

Fanfiro Nasyid 20 August 2015 - 09:05

tetap semangat bagi para munsyid untuk senantiasa mewarnai musik positif tanah air…
salam dari Fanfiro Nasyid fanfiro.blogspot.com

Reply

Leave a Comment