Home Berita Saat Fatih Tampil di Masjid Legenda Nasyid Jogja

Saat Fatih Tampil di Masjid Legenda Nasyid Jogja

by Nasyid Jogja
Line-up Fatih saat tampil di Masjid Syuhada

Pada hari Ahad, 23 Februari 2020, Fatih Acapella berkesempatan tampil pada rangkaian acara Rihaal Eduperience #2 yang dilaksanakan sejak sehari sebelumnya. Acara tersebut dilaksanakan oleh Rihaal Tour, agen umroh yang berpusat di Yogyakarta, di kompleks Masjid Syuhada Yogyakarta. Fatih tampil pada hari kedua pelaksanaan event tersebut, diatas panggung yang terletak pada area pelataran Masjid Syuhada.

Masjid Syuhada adalah sebuah masjid yang dinilai bersejarah bagi perjalanan aktivitas nasyid di Kota Jogja. Hal ini diamini oleh Diky, personil Fatih, yang telah mengalami rangkaian aktivitas di masjid tersebut. Sejak awal tahun 2000an, berbagai event lomba dan konser nasyid telah dilaksanakan di area tersebut, baik bagi kalangan pelajar, mahasiswa maupun umum. ANN Yogyakarta juga telah melaksanakan berbagai acara dengan tema nasyid di area Masjid Syuhada, bekerjasama dengan berbagai sekolah dan institusi pendidikan di Kota Jogja.

Selain berfungsi sebagai venue untuk berbagai event konser nasyid, kompleks Masjid Syuhada juga telah menjadi saksi lahirnya bibit-bibit grup nasyid unggulan di Kota Jogja. Diawali tahun 2000an, dimana grup nasyid Suara Syuhada dibentuk disini, perjalanan pencarian bibit unggul nasyid diteruskan dengan latihan rutin yang dilaksanakan oleh ANN Yogyakarta setiap pekan sekali. Bahkan persiapan acara nasyid juga digelar disini, misalnya latihan bersama untuk konser 101 Mulut yang dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta beberapa tahun silam.

Tampak depan Masjid Syuhada (via eksotisjogja.com)

Dengan sejarah yang telah terukir di Masjid Syuhada, imbuh Diky, maka layaklah Masjid Syuhada disebut sebagai masjid legenda bagi Nasyid Jogja. Kelak, masih diharapkan tumbuhnya bibit generasi baru grup-grup nasyid Jogja dari aktivitas di masjid ini, serta dari pusat aktivitas nasyid yang lain.

You may also like